Tuhan, Kenapa Aku Nggak Punya Teman?

Friday, February 22, 2013

Pernah nggak kamu berada dalam suatu acara sekolah/kampus lalu tiba-tiba kamu sadar kamu tengah berada dalam keramaian itu, sendirian? Di tengah-tengah yang lain yang sedang berkumpul bersama dengan kelompok-kelompok mereka?
Pernah nggak kamu sedang berada di sekolah/kampus mengurus segala sesuatu yang bersangkutan dengan kependidikanmu lalu kamu tersadar bahwa kamu tidak punya seseorang untuk diajak ngobrol?
Pernah nggak kamu berada di dalam kelas, mengikuti kuliah, berjalan di lorong menuju ruang praktikum, sendirian? Sementara kamu melihat sekelilingmu penuh dengan orang-orang yang berjalan bersama?
Pernah nggak kamu menyadari kamu tengah berada dalam semua kondisi itu dan yang ingin kamu lakukan saat itu juga adalah menyendiri dan menangis?
Aku pernah.

Aku bukanlah seseorang yang mudah untuk berteman. Aku canggung, aku pemalu, I am not easily impressed but so easily hurt--aku tidak mudah merasa senang terhadap sesuatu tetapi sangat mudah untuk merasa tersakiti. 
Beberapa tahun belakangan ini aku "memaksakan" diriku, untuk tidak menjadi orang itu lagi. Sehingga aku punya teman-teman itu, sekelompok orang dimana aku tinggal di dalamnya, memakainya sebagai identitas. Kau tahu, di lingkungan ini, dimana kamu harus tinggal berkelompok untuk bisa bertahan--karena yang lain-lain juga sudah berkelompok dan itu identitas mereka. Kukira aku sudah bahagia, kukira mereka itu "teman", aku sudah merasa aman. Lalu terjadilah semua itu, aku merasa tercampakkan, aku merasa terasingkan, sepertinya mereka tidak menganggapku teman, entahlah, aku merasa terkhianati. Entahlah, mungkin aku yang terlalu menganggap mereka "spesial" dan berharap terlalu banyak bahwa mereka juga menganggapku sebaliknya. You know, expectation does heartbreak. Ternyata tidak. Duniaku langsung jungkir balik. Aku memutuskan untuk "keluar" dari "lingkaran" mereka, menjadi pengembara sendirian. Aku menguatkan diri, meskipun aku merasa semua menyalahkan diriku atas keputusanku ini, aku yang salah, baiklah, tidak apa-apa. 

Kamu tahu, aku sudah merasakan semua itu dan sedang belajar untuk merasa baik-baik saja dengan semua itu, dengan menjadi sendirian, tidak akan mudah menangis lagi.
Kalau ditanya apakah aku ingin kembali punya kelompok seperti itu lagi, tidak. Aku tidak meminta segelintir orang untuk menjadi sebuah kelompok super beken diantara lingkungan kuliahku, aku hanya ingin seseorang, satu orang saja, yang bisa kuanggap "teman" dan dia juga menganggapku "teman", bisa kuperlakukan "spesial" dan memperlakukanku "spesial".

You Might Also Like

158 comments

  1. hemmm, setelah membaca cerita mu, aku jadi tersentuh, bagai mana kalau kita berteman, andy dari tangerang..

    ReplyDelete
  2. Sama persis yg saya alami. Saya pikir hanya saya yg mengalaminya, ternyata ada jg diluar sana. Tetep semangat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aq jg mengalami hal yg sama... teman ku hanya suami ku..

      Delete
    2. kkk~ aku juga ngalamin yang sama untuk di SMA sekarang. Dua teman yang aku punya Allah dan Mama ^^ tapi itu gak masalah walau emang gak enak sih... toh kita bakal jalan sendiri pas di hari akhir nanti ^^ salam Jihan

      Delete
    3. aku juga seperti itu, pengalaman yg aku rasakan saat ini

      Delete
    4. Apa aku doang 2019 baru buka ini hahaha, belakangan ini lagi ngerasa asing, ngerasa kesepian karna teman pada sibuk, punya teman baru,sibuk kuliah, kadang ngerasa dikampus cmn punya teman say hi doang, temen karna ketemu tiap hari sedih sih belum nemuin temen yg bener2 care, aku suka takut penolakan karna trauma bullying waktu tk, moga yg komen disini kita bisa jadi teman, kita ga sendiri, Let's be friends :)

      Delete
    5. Kakak aku juga sama aku GA punya geng Di kelas kampus soalnya ga suka geng gengan.... Makin tambah terikat GA bebas bergerakk.. Makannya aku mau ikut lomba bussiness plan se internasionall semoga aja menang kaka semangat yaaa aku selalu Ada buat kaka hanya doa yang bisa buat kita bertahan... Allah lah yang maha tau maha mendengar Dan melihat semoga Allah menggantinya dengan kebaikan Dan Pahala yang betlipat gandaa ya teh meskipun kita GA punya teman semoga bisa digantikan dengan ukiran prestasi

      Delete
    6. Sukses yaaa moga lomba mu menang, makin berprestaai moga selalu dalam lindungan allah :)
      Aamiin...
      Btw, kalo boleh aku minta kontak kamu, biar bisa berteman

      Delete
    7. Kak ayu lestari, kalo kakak mau bisa ga kita chitchat soal kehidupan kita yg sedikit temen ini? Aku lgi btuh tmpat curhat banget. Reply ya kalo kakak baca

      Delete
    8. Aku juga ngalamin hal kyakg dari dulu, aku butuh temen curhat kayak kalian pls dm aku @aprllvgne itu ig aku

      Delete
    9. Hai kalian, ternyata Aku tidak sendirian. Salam kenal

      Delete
    10. Haii aku sprti klian skrng ini, ini mmng sdh lma tpi aku bru membcanya krna dikondisi saat ini aku mrsakan hal yg sama dri saat aku SMA kls 12 dithun 2019 ahir thun kmrin aku mrskan hal yg tdk enak untk drskan smpai skrng dan aku sdh llus tpi enth knp ktka ad yg mmbuat kt untk prgi kskolah lgi dan brtmu mrka kmbli aku mrskan sdkit kskitan dhtiku:(((

      Delete
    11. Ayu Lestari aku mau berteman boleh? aku ingin punya teman yg bisa menerimaku. Aku selalu sendiri. Sama sepertimu aku takut penolakan karena aku pernah jadi korban bullying waktu sd. Semoga kamu masih baca ya.
      Chat ya ig : ayufitriani_01

      Delete
  3. Yap.. :(
    Pernah jg sih. Walaupun itu hanya sementara menurut sy :) Karena sy percaya.

    Intinya, jangan hanya menunggu seseorang jatuh dari langit begitu sj hanya untuk mendatangimu dan langsung berteman.

    Kamu hanya perlu BERUBAH dan PERCAYA DIRI (PEDE)
    Kalau kamu pemalu, kenapa ndk diubah sj jadi Pede ?!!!
    Kalau kamu terus malu... jujur sj itu sangaattttt laamaaaaaa punya teman dekat --". (pernah alami)
    Percaya dirilah... dan ubah-lah kelakuan penyendirimu itu :(.

    Kamu bakalan kok dapat teman dekat, tidak mungkin Allah Maha Baik berikan manusia hanya hidup sendiri

    #PEDE yah :DD

    ReplyDelete
  4. Km ga sendiri..
    Ni pin bbm q 2b13aeaa,,invite ya
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  5. Salam kenal. Aku Lutfy, aku juga merasa tidak punya teman. Mudah-mudahan bisa saling menguatkan. Namun, kita harus selalu bersyukur. Sukses buat hidupmu.

    ReplyDelete
  6. Ternyata aku gk sndrian, masih ada yg slalu menyendiri karna tak dianggap dlam pertemanan....
    "Berusaha ntuk semangat"

    ReplyDelete
  7. Saya juga merasakan itu , aku susan viviiana invite ya 27816B40. Salam kenal!

    ReplyDelete
  8. Aku juga merasa seperti itu tp cuek aja toh msh banyak "teman" yg lain:)

    ReplyDelete
  9. Aku juga merasa hal yang sama, bahkan dulu aku punya teman tapi sekarang dia sibuk dengan kesibukkan nya sendiri,, serasa gak bisa apa2 tanpa teman terutama di kampus,, apa yang harus aku lakukan :(

    ReplyDelete
  10. Gimana kalo yang comment ini kita ngumpul aja gitu,do something fun together and learn to be not a loner anymore...??

    Btw,aku edo,16thn dari sidoarjo
    Salam kenal

    ReplyDelete
  11. Aq jg ngrsa gak ad kwan,,sepii kdang rsanya,. Emg sih aq rda minder, cz dlu wktu skolah aq korban bullying, smpe gak mau skolh bbrp mgu... Trauma tu susah bgt ilangnya..q hrs gmna,,,? Rsa minder jk makin dilawan mlah makin kuat...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Sedihnya sama... kita kurang baik apa sama temen? Udah berusaha ngalah eh mereka malah nggk ada sungkannya makin ngelunjak dan ninggalin kita

    ReplyDelete
  14. Sedihnya sama... kita kurang baik apa sama temen? Udah berusaha ngalah eh mereka malah nggk ada sungkannya makin ngelunjak dan ninggalin kita

    ReplyDelete
  15. Sama aku juga penyendiri.... Apa kita buat komunitas si penyendiri....?

    ReplyDelete
  16. Sama ...sekarang di kampus aku selalu sendirian ..nggak punya teman sama sekali apa lagi kalo udah di kelas ..asing rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliah dimana ka?salam kenal aku dari bandung kita senasib

      Delete
    2. Kuliah di Ternate ni kong ngana..?

      Delete
    3. Apa aku doang 2019 baru buka ini hahaha, belakangan ini lagi ngerasa asing, ngerasa kesepian karna teman pada sibuk, punya teman baru,sibuk kuliah, kadang ngerasa dikampus cmn punya teman say hi doang, temen karna ketemu tiap hari sedih sih belum nemuin temen yg bener2 care, aku suka takut penolakan karna trauma bullying waktu tk, moga yg komen disini kita bisa jadi teman, kita ga sendiri, Let's be friends :)
      Kuliah dimana ka ? Salam kenal aku dari jakarta

      Delete
    4. Kmu punya Instagram ga? masalah kita sama jadi aku rasa aku butuh temen kyak kmu. @aprllvgne itu ig aku pls dm aku butuh temen:(

      Delete
    5. Aku juga ngga ada tmn banyak nih kak,suka sedih kalo inget hal kyk gini,boleh follow instagram kak buat jadi temen @dyahlinggarr_

      Delete
    6. Follow aku jg ya, aku ga punya banyak teman .
      Ig : @merimdrs_

      Delete
  17. min. bikin group bbm atau line dong. buat share bareng

    ReplyDelete
  18. Gue juga sering ngerasa gitu, ternyata bukan gue doang ya. :(.
    Sekarang gue bener bener ngerasa kesepian, kaya ga punya temen, apalagi kalo liat instagram/path org org yg foto sama temennya atau jalan sama temennya. Rasanya miris. Ya sebenernya gue punya temen..tapi gatau kenapa gue ngerasa ga dianggep dan cuma di anggep kalo mereka butuh doang..kalo ngga cuma baik didepan aja..

    ReplyDelete
  19. Gue juga sering ngerasa gitu, ternyata bukan gue doang ya. :(.
    Sekarang gue bener bener ngerasa kesepian, kaya ga punya temen, apalagi kalo liat instagram/path org org yg foto sama temennya atau jalan sama temennya. Rasanya miris. Ya sebenernya gue punya temen..tapi gatau kenapa gue ngerasa ga dianggep dan cuma di anggep kalo mereka butuh doang..kalo ngga cuma baik didepan aja..

    ReplyDelete
  20. 100% agreed.

    We might be lonely but now I know that at least we are not alone guys:) Many people beside us feel this way too.. Including me of course:(
    *big hug*

    ReplyDelete
  21. Wah, ternyata banyak juga yang ngerasain hal yang sama ya. Saya sendiri udah beberapa tahun belakangan ngerasa kesepian, dan bahkan 6 bulan terakhir ini selalu jalan sendirian kemana2, sampe iri juga ngeliat orang yang bisa rame2 jalan. Masalahnya semakin kesini temen saya semakin sedikit dan sekarang malah ga ada sama sekali. Sebenernya ada temen, tapi kebanyakan ya sibuk sama pasangan masing2. Btw bener juga kata komen edo warta, kenapa engga kita2 yang masih suka jalan sendiri ini kumpul aja gitu, supaya bisa jalan bareng2? Tapi saya di jakarta.

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata banyak juga yang ngerasain hal yang sama ya. Saya sendiri udah beberapa tahun belakangan ngerasa kesepian, dan bahkan 6 bulan terakhir ini selalu jalan sendirian kemana2, sampe iri juga ngeliat orang yang bisa rame2 jalan. Masalahnya semakin kesini temen saya semakin sedikit dan sekarang malah ga ada sama sekali. Sebenernya ada temen, tapi kebanyakan ya sibuk sama pasangan masing2. Btw bener juga kata komen edo warta, kenapa engga kita2 yang masih suka jalan sendiri ini kumpul aja gitu, supaya bisa jalan bareng2? Tapi saya di jakarta.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Sama kak, kita semua disini juga mengalaminya. Tapi aku selalu berdoa dan berusaha untuk dapat teman dan sahabat yang baik :) Ini gak ada grup LINE ataupun apa gitu,biar bisa sharing bareng,terus kalo Tuhan menghendaki mungkin bisa ketemu.. Ini cerita menginspirasi sekali.. 👌 semoga kita semua diberikan Tuhan,teman dan sahabat yang baik. Amin

    ReplyDelete
  25. Iya sama, gue juga ngerasain hal yang sama. Sekarang gue merasa kesepian banget. Padahal kemaren2 gue deket bet sama temen gue malah kita sering pergi dan pulang bareng. Tapi sekarang gue menjauh dari mereka karna gue ngerasa mereka cuma butuhin gue waktu senang aja, saat gue susah dan sedih mereka ga pernah nanyain atau care ama gue. Malah mereka cuek aja gapeduliin gue. Tapi semoga ini langkah yang baik buat gue. Amiin

    ReplyDelete
  26. samaa :( tp kasusnya aku lebih nyesek dulu banyak aku temennya tp semenjak putus dr tmn skelas dikampus tiba2 mreka smua mnjauh entah kenapa mereka smua menjauh.. sakit rasanya udah jalan 3 bulan ini mreka smua brsikap sprti itu .. tapi ya mau gmn lg.. cuma 1 kata aku mncoba sabar saat banyak yg menjauh krna alasan aku ttp kuliah di kampus itu demi ortu aku seneng .. n emg kadang dnger kata org "sendirian aja?" setiap prkataan ini trlontar rsa.a jleb ko kayanya gua kesepian bgt hanya gua kah yg g punya tmn saat mreka bsa join bareng2 .. yaah itu aku ttp kuat kuatin mental krna prilaku mreka :'(

    ReplyDelete
  27. Teman itu buruk hanya baik sesaat, aku merasakan itu..
    Aku ga pernah rasain indah nya pertemanan sejak SD, aku berdiri sendiri dr semangat orang tua ku, mereka hanya bisa menjatuhkan saya "DIAM ITU EMAS DAN NYARING ITU BESI"
    ITU prinsip saya��

    ReplyDelete
  28. Hampir dari semua yg diatas kalian post akurasakan. Aku sering merasa kalo aku satu satunya orang yang benar2 terpuruk benar2 sakit dalam keadaan ini. Bahkan tak jarang terlintas bipikiran buat apa lagi hidup ini apa gunanya juka terus begini. Tak ada tujuan tak ada tempat untuk mengaduh selain kepada tuhan tak ada lagi alasan yang pas untuk di pertahankan di dunia ini. Toh kita hidup didunia harus saling berdampingan, tak ada satupun orang yang bisa hidup didunia ini sendiri tanpa orang lain. Bertahan sendiri hanya satu pilihan

    Kita tak butuh pahlawan kita tak butuh penyelamat hidup yg kita butuhkan waktu untuk untuk sembuhkan semua luka yg kita rasakan. Dan insyaAllah tuhan bakalan ngasi jalan terbaik untuk kita,mungkin tidak sekarang tapi yg aku tau tuhan tak akan memberikan cobaan yg melebihi batas kemampuan kita. Semoga saja kita semua pada masa dan waktu yg tepat nanti bakala merasakannya

    Untuk saat ini saya sedang belajar iklas karna bertahan sendiri itu sulit dan hampir tak mungkin, tetapi kitapun juga harus liat diri sendiri apa yg telah kita lakukan apa yg salah dengan kita renungkan perbaiki, cobalah untuk iklas dalam menjalani situasi ini. Karna jika kita semangakin membenci diri kita membenci keadaan ini maka kita tak akan keluar dari lubang ini,hanya akan menggali lubang semakin dalam lagi dan lebih sulit untuk kita keluar dari sana.

    Keep fighting teman ^^

    ReplyDelete
  29. apa yang kalian rasakan sama kog denganku, aku hanya bisa memendam rasa sedih sendirian dan terus tersenyum didepan orang lain padahal ada kesedihan dihati ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mereka GK bakal tahu kalau kita lagi ngehadapi masalah besar dan dari mereka semua gk ada satu orng pun bertanya akan hal itu

      Delete
  30. Kalian yang sabar ya... aku pun jg merasakan hal yg sama.kepingin punya temen yang bener2 bisa nerima kita apa adanya itu emang gak gampang. Dan gak semua cocok kita jadikan teman krna g semua teman bisa buat kita bahagia. Yang terpenting kita harus percaya sama Tuhan klo kita orang baik kita pasti jg akan dekat dengan yang baik pula. Intinya ttp sabar n bersyukur aja apa yg udah qt punya saat ini. Mungkin in jg ujian buat kita menjadi orang yg lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain pasti teman yg baik akan datang dengan sendirinya. Jangan lupa bahagia ya guys...

    ReplyDelete
  31. Sama seperti saya,saya juga pernah merasakan kondisi seperti itu.Salam kenal dari Sefina,Bekasi.I'm very happy if we make friendship

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Sama seperti saya,saya juga pernah merasakan kondisi seperti itu.Salam kenal dari Sefina,Bekasi.I'm very happy if we make friendship

    ReplyDelete
  35. You're not alone:), saya juga merasakan kondisi seperti itu. Salam kenal dari Zahra, Bekasi:)

    ReplyDelete
  36. Sama, even di kantor, ga tw ya padahal udah baik sm org tp org knp ya ga baik sm q, dijauhin, dijahatin, digosipin, makan siang ja slalu sendiri...ga da yg mo bareng... ga da yang ngajak...
    Sedih....

    ReplyDelete
  37. Semenjak pindah lingkungan baru merasa kesepian..

    ReplyDelete
  38. Ini yg lagi aku alamin masa 😂 kuy berteman sama aku. T.T (mau ngomen tp wktnya kelamaan/? trs liat komenan yauda aku ikutan komen ehe) ._.

    ReplyDelete
  39. Aku juga ngerasain itu 3 thun blkngan ini...aku satu asrma sma mereka,jln bareng,smuanya bareng...tapi aku mrsa nggk dianggap,kya cmn dijadiin pajangan"ini loh tmen gw,cantik2kan?" Mlahn prnh dbilang "gw doain dia itu cptan mati,dripd ad dia hidup kta kya nggk ad napas"...
    Mereka ktwa pas aku ktwa mereka diam ngeliatinny sinis,dari situ aku menjauh menyendiri ngerjain hal yg positif,mereka cmn butuh pas ad perlunya...org yg bkin aku berthan di asrama ini ortu jga,aku cmn pgn nyelesain studi spy ortu seneng....itu smua bermula dri satu org yg aku anggap dia udh kya ade aku sndiri...
    Dunia nggk cmn berputar diskitar kita,dunia itu luas dan mngkin bnyk tmn yg bkln kita dpt n itu pasti smoga ya ��

    ReplyDelete
  40. Sama, dari dulu aku sering di asin kan sama teman sekelas gk perna di anggap ad sama mereka

    ReplyDelete
  41. Ada yang mau temnn sama aq ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira hanya saya yang mengalami ini, tapi ternyata kalian juga mengalaminya, entah .. Kadan aku merasa sudah cukup saja hidup sampai disini kadang aku merasa sepi . tapi aq selalu bertahan dan menyemanmangati diriku sendiri, aku tidak punya teman yang benar2 menyayangiku menganggapku ada. Meski aku sudah mengangap dia teman atau sahabat istimewa . kini aku memilih sendiri biarkan aq berteman dg TUHAN

      Delete
    2. Akupun sama :") sudah berusaha baik ke semua teman namun entah teman" tak pernah menganggapku ada. Aku trs bertanya kepada tuhan atas apa yg telah aku rasakan. Aku butuh teman yg menerimaku apa adanya dan tulus pastinya:)
      @ayufitriani_01

      Delete
  42. ternyata semua orang ngalami ya,, aku orang yang jauh dari kata kota atau lebih tepatnya tnggal dekat pengunungan.
    Aku menjalani pendidikan dengan sebaik-baiknya ketika aku sd-sma
    Aku tak percaya bahwa aku lulus di Universitas yang baik.
    aku mengambil jurusan yang aku inginkan,Aku senang dan ortu ku juga bahagia.
    Tapi masalah baru aku hadapi,Jika dulu aku di daerah aku mempunyai bnyak teman dan bisa tertawa bersama ternyta ketika aku pindah ke daerah yang sangat jauh atau beda pulau aku langsung merasakan culture syok.Aku sudah kuliah beberapa bulan tapi aku msih belum mempunyai teman yang tetap.Aku merasa sedih aku merasa kesepian ketika di kampus.Semuanya bersama semuanya tertawa bersma.Aku tidak tau akan seperti ini.aku sudah berusaha bergabung dengan mereka tetapi pas kuliah selesai aku malah merasa menjadi orang asing.Aku menangis aku selalu merasa sendiri,Aku tak percaya akan seperti ini karena di sekolah yang lama aku orangnnya periang banget.
    Tapi yang paling aku sedihkan adalah ketika Ortuku bertanya apakah menyenangkan disana nak?Apakah sudah memiliki teman? dan semua pertanyaan itu aku jawab ya.
    aku melakukan itu agar ortuku didak khwatir ddengan keadaanku ini.

    aku merasa setelah membaca coment kalian semua aku menjadi sadar tidak dirimu saja yang merasa terbebani tapi semua orang juga berusaha dan merasakan hal yang sama.
    terima kasih semuany dan aku berdoa untuk kalian semua agar Tuhan memberikan kita jalan. amin

    ReplyDelete
  43. Nyesek banget, aku juga gitu, temen cuma dateng kalo ada butuhnya doang. Kalo sini salah ngomong dikit dianua baper. Eh begitu dia yang ngomongnya ceplas-ceplos tetep ngerasa bener aja. Hidup kadang emang gak adil hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama, mereka tuh iri kita bisa deket sama temen lainnya, but ya gitu, kalo mereka udah benci sama kita mereka bakal ajak ajak tmn lain biar ikut nggak suka sam kita

      Delete
  44. Gua pendiem satupun teman nggak punya...

    ReplyDelete
  45. Sama apa yang aku rasakan saat ini, awal nya mereka baik bgt, aku nya nyaman dan pada saat aku jarang ngumpul mereka jadi berubah, kesalahn kecil yg aku lakuin di besar besarin aku jadi pndiem ga percaya diri lagi, semangat kuliah itu udh ga ada lagi, malahan pengen brhenti,pengen masuk malam sambil kerja. Tmn2 ku trsenyum kepada ku dgn keadaan trpaksa rasa nya sakit bgt. Pngn punya tmn yg sama2 mengerti keadaan ku kalo aku orng nya lebih suka plg langsung ke rumah pada saat kuliah kecuali ada tugas. Tpi mereka lebih memeilih untuk trus mngingat kesalahan ku. Ahh ya gitulah aku trus semangatin diri ku . Tuhan memang adil, tpi satu jgn pernah sama manusia hadapi dgn positif. Salam kenal semuanya

    ReplyDelete
  46. Sama apa yang aku rasakan saat ini, awal nya mereka baik bgt, aku nya nyaman dan pada saat aku jarang ngumpul mereka jadi berubah, kesalahn kecil yg aku lakuin di besar besarin aku jadi pndiem ga percaya diri lagi, semangat kuliah itu udh ga ada lagi, malahan pengen brhenti,pengen masuk malam sambil kerja. Tmn2 ku trsenyum kepada ku dgn keadaan trpaksa rasa nya sakit bgt. Pngn punya tmn yg sama2 mengerti keadaan ku kalo aku orng nya lebih suka plg langsung ke rumah pada saat kuliah kecuali ada tugas. Tpi mereka lebih memeilih untuk trus mngingat kesalahan ku. Ahh ya gitulah aku trus semangatin diri ku . Tuhan memang adil, tpi satu jgn pernah sama manusia hadapi dgn positif. Salam kenal semuanya

    ReplyDelete
  47. Sama aku juga ngerasa ga punya temen, sampe kadang nangis sendiri kalo di rumah, kenapa kok gaada temen yang bisa ngertiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak ya yg bernasib sama... Tenang Fira, kamu ga sendirian :-)

      Delete
    2. Boleh minta kontak? Mari berteman 😭😭😭😭😭

      Delete
    3. Sama aku jg, stiap hari nangis teruuuusss, iri bgt dn nyesek bgt keluar rmh pdahal cmn ke indomart alfamart dijalan liat org2 ketwa ketiwi ngobrol2 becanda2 sm temen2nya,pengen bgt bisa kyak gitu. Aku dri TK smpek kerja gak ada satupun mau deket2 aku cmn say hi doang. Aku jg ke mall sendirian,nonton sendiri jg, smpek waktu di mall aku lapeeerrr bgt pngen makan tp krn takut bgt diliatin org dn mungkin ketemut temen lama dn dibilang aneh,kok kemana2 sendirian. Akhirnya aku gak jdi makan dn nahan laper smpek 5 jam, hiiiikkkkssss

      Delete
  48. Sama ya dari SMA - Kuliah aku tidak punya teman. Awalnya punya seiring berjalannha waktu perlahan lahan mereka meninggalkanku, mencampakanku, dan aku memilih sendiri sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana caranya agar kita kuat menajalaninya kak? Apalagi kita jauh dari orang tua? 😭

      Delete
  49. saya kira cuma saya yang ngalamin jalan hidup seperti itu :') sama persis lagi seperti yang saya alami

    ReplyDelete
  50. Ada yg mau temenan sama aku ga mbak? Selalu kmana2 sendiri. Kadang pingin main gada temen... tp kalo main sendiri brani sih.. tp masa main sendiri sih :(:(

    ReplyDelete
  51. Ada yg mau temenan sama aku ga mbak? Selalu kmana2 sendiri. Kadang pingin main gada temen... tp kalo main sendiri brani sih.. tp masa main sendiri sih :(:(

    ReplyDelete
  52. Aku kira aku aja yang begini:" aku baru mau masuk kuliah tahun ini, dan aku udah resah, aku takut ga ada temen. Aku menakutkan banyak hal. Dari apa yang aku baca, aku jd takut, tp aku sama kok sama2 ngerasa diasingin. Padahal juga belum masuk. Di grup maba aja udah di campakkin gimana reality nya?:" terus semangat yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Aku juga maba tahun ini. Dan aku takut juga ga ada temen nanti. Sedih kalo kepikiran itu. Btw, boleh minta kontak or anything buat sharing cerita?

      Delete
    2. Sama dong, aku juga maba tahun ini dan masih blm bisa adaptasi. Ditambah, temen2 kelasku bergaulnya geng2an. Sampe masih banyak yg gak kenal satu sama lain, kecuali anggota geng masing2 aja. Parah sih, kayak bocah.

      Delete
  53. Aku benar2 merasakan sperti itu, kuharap kita dapat saling kenal lebih jauh lagi, aku merasakan rasa sakit di tenggorokan ketika membaca ini, jika berkenan balas komentar ini

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Aku kira hanya aku, ternyata ada beberapa orang yg juga merasakan hal yang sama yaa. Kalau memang setuju kenapa tidak membuat komunitas atau grub medsos (whatsapp, line) saja? :)

    ReplyDelete
  56. Saya juga persis mengalami hal yang sama selama 1 tahun belakangan ini...
    .
    Btw udah ada grupchat?kalau belum gimana kalo kita buat grup line maybe?biar bisa saling sharing dan membantu biar kita ga merasa sendiri lagi.
    .
    Boleh di reply id line di comment saya ini kalo kalian mau :) ,God bless u all

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nih, biar ada temen buat sharing jadi ga ngerasa sendirian. Salam kenal, Chintya dr Bandung :-)

      Delete
    2. Bolehh, salam kenal, Ayu dari jakarta :)

      Delete
  57. Agak mirip. Baru kuliah 2 minggu, di kampus kayak masih asing.
    Kebanyakan yg cewek itu geng2an, kayak bocah. Sampe gak kenal satu sama lain, kecuali gengnya aja.
    Aku yg gak punya geng, jadi aku main sama siapa aja. Tapi tetep merasa gak ada temen.
    Disapa, yg lain malah pura2 budeg.
    Gak disapa, dikira aku org pendiem dan gak mau gaul.
    Serba salah.

    ReplyDelete
  58. samaaa akupun begitu. aku aja suka sampe pengen berhenti kuliah gara2 aku gapunya teman :(apa apa aku sendiri:( aku sudah mencoba dekat tp mreka kayak yg gak welcome sama aku:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku pun mengalami hal yang sama. Mari berteman... 😭😭😭😭😭

      Delete
    2. Akunjugaa 😪😪 mereka datangnya cuma pas susah aja. Sekarang ngerasa sendiri banget, udahla jauh dari orang tua, ga ada tempat ngadu. Temen" sma juga pada sibuk, dan cuman sekali" vc-an bareng. Pengen pulang ke rumah rasanya

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Ternyata banyak yg senasib ya
    Aku kuliah udah semester 3 dan temenku cuma 3 itu itu mulu, emang sih yg menurut aku paling klop sama aku ya cuma mereka bertiga, kalo sama yg lain tuh kayak nggak bisa klop gitu
    Emang sih awal awal nyesek juga gapunya temen, tapi lama lama terbiasa cuek aja aku sekarang bodo amat pokoknya pengen cepet cepet lulus aja

    ReplyDelete
  61. Aku juga merasakan begitu. Mari lah berteman......

    ReplyDelete
  62. Kalau aku si yang memilih menghindar dari pergaulan...banyak temen2 ku yg pengen deket sama aku, tapi aku mencoba jauh gatau aku lebih suka sama kesendirianku...Terkadang sendiri tu bisa menumbuhkan inspirasi aku saat menulis puisi apapun..Sampai aku punya pacar juga aku putusin dan q malah jomblo diusiaku 21 tahun..kadang mamaku menyuruhku untuk bergaul dan punya pacar tapi kenapa aku malas untuk itu.
    Di kantor juga aku disirikin temen2 krn bos syg bgt ama aku.. awal kita baik2 ketawa2 eh ujungnya malah ribut banget di tambah uang gajiku naik mereka marah besar.. Apakah aku salah gaes ????

    ReplyDelete
  63. Aku juga bener bener ngerasain, gak di anggap, mentang mentang aku gak kayak mereka yang pinter.
    Aku bener bener merasa di rendahkan sama mereka, gak di anggap sama sekali.
    tapi semakin lama, aku lebih nyaman dengan kesendirian :')

    Hey guys, ayo kita berteman...

    ReplyDelete
  64. Replies
    1. Hahahaha ayooo Let's be friends

      Delete
    2. Kak ayu karna senasib mungkin kita bisq sharing" pengalaman kita. Kalo kakak mau bisa ga kita tukeran sosmed? Reply ya kak kalo udah baca

      Delete
    3. Saya mau kak sekarang saya lagi merasa terpuruk banget kak😭😭😭

      Delete
    4. Kalo ada grup, aku mau gabubg dooong

      Delete
  65. Aku jg merasakan apa yg klian rasain

    ReplyDelete
  66. Aku dari lahir(sebelum sekolah sampai smk) udah gk punya teman (pas ulangan atau ujian aja punya teman, pas bikin kelompok dikelas selalu dapat buangan, ada kesalahan dikit banget dibesar2in, gk diberi contekan pada ngamuk), ayahku meninggal pas ibu hamil, ibu dijauhi keluarga karena warisan kakek.
    Fix gk punya teman + keluarga kecuali ibu satu satunya

    ReplyDelete
  67. Satu-satunya hal yang bikin kita punya banyak temen dan disenangi sm temen2 kita ya kita wajibb buat perlakukan mereka seperti bagaimana kita ingin diperlakukan gaess. Kalo kita cuek acuh pendiem ya gimana mereka mau deketin kita cobaaa. Bayangin aja kita berniat mau temenan ama si A, nah si A ini kok orangnya acuh tak acuh. Kesannya dicuekin bgt ga sih kedepannya kalo temenan sm orang kaya gitu nyeseg kan?. So please gaess kalian yg di atas2. Introspeksi diri dulu. Kita tu seneng berteman sama orang yg easy going punya selera humor dan gak kaku jadi hari2 juga isinya seru seruan ga kaku kakuan.ehe :).
    Nih yaa, gue punya pengalaman. Dulu gue jaman SMA ada trauma berat tentang pertemanan. Dulu gue ada sakit tertentu sakit ga nular tapi emang gaada obatnya. Disini gue sering merasa sakitan dan suatu ketika gue ceritalah ke salah satu sahabat gue yg gue rasa paling dekett. Eh tau taunya dia malah nebar hal negatif tentang sakit gue. Dia ngelebih2in kalo deket gue bisa ketular lah ini lah itu lah. Pokonya ngelebih2in. Dan puncaknya pas selesai senam pagi, gue nunjukin rasa sakit gue dan otomatis jongkok kan tuh eh dia bisik2 agak lantang ke anak2 laen padahal disitu satu angkatan pada senam!! Gue juga ga tau dia ngomongin apa yg pasti pandangan orang2 jadi aneh ke gue. Jujur kalo gue inget, gue takut bgt sama pandangan mereka yg kaya jiji ke gue. Gue malu bgt knp mereka kaya gitu. Gue lari ke kamar mandi gue nangis, bisa bisanya sahabat gw yg udah 6 th kenal kaya gitu ke gue. Disini gue mikir pasti orang2 pada jijik sama gue takut ketular padahal ga nular. Dan yah, karma do the best, dan karma memang berlaku. Ntah kenapa 3 sahabat gue yg lainnya justru ngerangkul gue. Dan ngedupak tuh sahabat gadungan yg omongannya lemes nyakitin. Dan yah, kejadian udah 3th lalu. Gue udah berusaha buat ngubur cerita kelam kala SMA yg dulu sempat pengen ngakhiri hidup tp gue mikir lagi gue amat bodoh kalo kaya gitu. Walhasil tuh sahabat gadungan gw yg minta maaf duluan ke gue, agak berat buat maafin but yah, gue terima dan entah kenapa dia yg malah jadi di kucilin. Karma really do the best job. Dan sekarang sejak gue kuliah, gue punya banyak temen disisi gue yg nyemangatin dan perhatian ke gue. Temen lain juga cukup banyak. Kita harus bangkit gaess dari segala keterpurukan. Karena kalo kelamaan terpuruk kita yg rugi berat. So lawan mereka yg remehin kalian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana ya aku juga begitu udah berusaha berteman sana dan sini...tapi ya mereka sama aja berbeda pandangan apa presepsi gitu...aku kesannya pingin yang bisa ngerti aku...bukan yang sekedar kita harus bisa punya teman banyak

      Delete
  68. Tidak ada yg salah jika kita sulit memiliki teman. Setiap orang dilahirkan memiliki karakter dan sifat yg berbeda. Beberapa org menikmati pertemanan beberapa lagi tidak. Toh mereka tetap hidup kan? Intinya jadilah diri sendiri, jgn memaksakan diri untuk menjadi pribadi yg berbeda karna itu menyiksa. Nikmati pribadimu, memiliki teman bukan kewajiban dan belum tentu membuatmu lebih baik. Jadilah diri sendiri, nikmati kesendirianmu, ambil sisi positifnya, jika kamu beruntung suatu saat akan ada orang yg nyaman denganmu dan bisa saja mereka menjadi temanmu. Ingat orang keren itu tidak harus berkelompok, sendiri juga keren kok asal percaya diri dan stay cool ... salam

    ReplyDelete
  69. Apa aku doang 2019 baru buka ini hahaha, belakangan ini lagi ngerasa asing, ngerasa kesepian karna teman pada sibuk, punya teman baru,sibuk kuliah, kadang ngerasa dikampus cmn punya teman say hi doang, temen karna ketemu tiap hari sedih sih belum nemuin temen yg bener2 care, aku suka takut penolakan karna trauma bullying waktu tk, moga yg komen disini kita bisa jadi teman, kita ga sendiri, Let's be friends :)
    Kenapa kita ga bikin groupe Line or something

    ReplyDelete
  70. Sebenarnya bukan ga ada teman aih, tapi kadang ngerasa aja kita temenan karna ketemu di sekolah, di rumah, di kampus, apalagi dikampus lagi merasa asing walaupun ga diasingkan tapi ngerasa sepi

    ReplyDelete
  71. Kak.. huhu..😭 kita sama,aku sadar bahwa gk aku doang yg gk punya teman.Ternyata ada yg masih belum mempunyai teman diluar sana.Kak,gimana ya cara mendapatkan teman?Aku gk mau sendirian 😭

    ReplyDelete
  72. Saya juga ngalaminya selama bertahun - tahun jadi maless Jaga sikap baik Sama orang Wong orang kayak gitu Gak menghargai sumpahh pengen pindah Dan bergabung Sama kalian biar jadi teman yuk 08558954060

    ReplyDelete
  73. kita sama kak
    semoga jita segera menemukan temen sejati, yg menganggap kita ada sebagaimana kita menganggap dia ada

    ReplyDelete
  74. Kita sama .. skrg pun aku ngrsa kesepian udah kek mau berhenti kuliah 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama, ga nyangka ada yg comment postingan ini 5 hari yg lalu. Kalo boleh kak, yuk kita sharing" apa yg kita alamin. Akun juga bbrpa hri trkhir ngerasa sendiri banget. Awal" kuliah rasanya kek banyak temen ketawa". Tapi makin kesini, temen makin berkurang. Temen yg sering main ke kos ku pun jdi makin menjauh . Rasanya sendiri bnget, kek dibully dan direndahkan dalam diam. Boleh dong kak tukeran sosmed. Di reply ya kak kalo dah baca 😁😁 have a nice day for us

      Delete
  75. Hai aku Kevin umur 19 Tahun sekarang aku kuliah dan memasuki semester 3,nah gini gue semester 1/2 banyak teman lama kelamaan 1 Tahun kemudian aku terasaterasingkan, padahal akutuh nggak pernah ngurus kehidupan orang...... Ternyata aku dijauhi karena penampilan ku, padahal aku biasa biasa saja, ternyata mereka menjauhiku karena wajahku kayak cewek, mau gimana lagi dari lahir memang wajahku natural sejak awal, dan juga aku berpenampilan normal, mereka menjauhi ku karna wajahku kayak cewekkk dan akukuliahhhh satupun aku terasa terasingkannn....... Dan 6 bulan ini gua masih bertahan melawan sendiri..... Asal kalian tahu padahal wajahkumemang dari sananya..... Gimana bisa diubahhhh sampai sekarang aku masih dijadikan bahan mulut mereka........... Rasanya aku pengen pindah kelassss karena aku mulai tidak sanggupppp semoga semester 5 ini bisa pindahhhhhhh, ammin

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. samaaaa, aku juga ngerasa kesepian selama kuliah iniii.
      aku tuh suka kepleset gitu kalo ngomong di depan orang, jadi kadang gajelas dan mungkin dikira aku freak ya dari cara ngomongku hahaha. btw aku semester 3 juga. tetep semangat kevin!

      Delete
  76. Aku dulu sma ya periang dan banyak teman, tapi sekarang di kuliah udh hampir 1 smster selesai blm ada tmn yg klop dn dikuliah ga jd diri aku yg suka bergaul,humoris dn periang. Cuma gatau keadaannya kelas ini rasanya asing aja udh tmnanan sana sini deket eh pergi tbtb tnpa sebab yg jelas. Sampe pernah ada yg ngmng "mksh ya, km dah mau nemenin aku, klo aku smpe gapunya tmn aku bakal pindah"tpi dia skrg tbtb prgi tnpa sebab entah aku slah apa. Tapi sekali lagi yaudahlah ya kalo dia udh prgi sm shbt brunya, seenggaknya aku ada pahala smpe buat dia bertahan gabuang duit ortunya yg udh abs banyak utk kuliah ini.

    Aku Pernah smpe rasanya trpuruk bgt rasanya sminggu ampir 2 minggu full depressed. nangis stiap mau tidur mata bengkak tiap pagi.dikelas ya smua pada bergenk kaya yg udh pnya geng ya yang ituitu aja, stiap main gada tuh ngajak ngajak. Kadang sad bgt liat snapgram, snapwhatsap mereka main setelah itu mellow sndiri sedih mikir "kapan ya aku pnya tmn? Bsa ga ya aku dianggep,dijadiin teman mereka? ".

    Its really hard for me. Aku tau Allah mungkin punya cara lain utk mengajarkan aku utk lebih mndiri. Lebih ngeyakinin bahwa aku bsa sndiri tanpa bergantung org lain. But rasanya hambar dn ga enak kan gapnya tmn yg klop itu:')? Gada tmpt sharing walau satu temen aja. Yg mau dengerin curhat, keadaan, atau a little stupid thinks. Apalagi kuliah tuh gada yg namanya tmn sbgku yg netep. Sedih bgt udh coba masuk geng atau circle pertemanan mereka ttp aja ngerasa ga dianggep apaapa. Aku udh mncba think positif but sometimes feel lonely and tired itu wajar kan? Dan sikap kita utk tman yg prnah dekat tpi skrg jauh tnpa alasan gmn ya? Dan cara kalian jalani hidup keadaan spt ini gmn ya?

    Hmm tp aku sllu cb positif thinking trs walau ekspektasinya perih. Kata-kata Everything will be alright. Everything will be fine. Semua akan indah pada waktunya. Selalu ku prinsipkan pas lagi down downnya atau start nethink.

    Semoga kalian ga kesepian lagii yaa aku harap kalian smua bsa dpat teman yg mengerti kalian yg tulus, mengerti kalian, nerima kalian apa adanya. Sahabat itu kadang kaya jodoh (maksudnya cocok ga cocoknya), kdg emng ada yg cuma singgah kadang ada yg netap dan kadang bertahan smpe kpnpun. Aku cma mau ngmng keep think positif ya all. Ur not alone ada Allah maha besar yg nemanin kita ��❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, aku jg lg ngerasa gini. Punya sih temen,tpi kdang dia suka ga ngeladenin kalo aku lg cerita. Lagi btuh temen curhay bgt kak, kalo mau cerita or curhat boleh reply komentar aku ya :) Be strong be positive untuk kita

      Delete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. Aku sekarang merasa seperti ini. Semenjak aku sakit dan ga masuk kuliah 2 minggu, ntah kenapa pas aku masuk kuliah lagi aku diasingkan, diabaikan sama mereka. Padahal sebelum aku sakit mereka dekat banget sama aku sampai berangkat pulang kampus bareng, istirahat bareng pokoknya kemana2 bareng sama mereka. Dan mereka sampai membuat grup WA lagi tanpa memasukan aku sebagai anggota nya.

    Ngerasa terpukul, sedih, males masuk dan pengen aja gitu berhenti kuliah karena ga punya temana sama sekali.

    ReplyDelete
  79. Aku juga merasa hal yang sama seperti kakak

    ReplyDelete
  80. Aku juga merasa ga punya teman. Mereka semua hanya datang saat mereka butuh. Aku iri sama temen temenku di sma mereka punya geng yg bisa buat mereka ketawa. Aku iri. Soalnya aku dikls merasa terabaikan. Padahal kondisi kelasku selalu ramai. Tapi aku selalu merasa kesepian. Aku ga minta teman yang banyak ya Allah. Aku cuman minta kirim 1 aja temen yg bener² care sama aku. Aku janji bakal jaga dia. Kumohon ya Allah... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini adalah ultahku. Aku cuman minta Allah berikan aku kado 1 aja teman sejati yg bener bener care sama aku Aamiin :)

      Delete
    2. Habedeee, semoga wishnya dikabulkann. Semangatt

      Delete
  81. Jangan sedih kawan. Jadilah seperti elang yang mampu melebarkan sayap untuk melindungi diri dan makhluk sekitarnya tanpa pamrih, bukan jadi segerombol bebek yang hanya bisa dihush2.

    ReplyDelete
  82. Halo teman-teman, kenalin aku Puspa..aku berencana untuk membuat grup di whatsapp untuk kita bisa berteman baik, kalian bisa DM aku diinstagram ya selanjutnya kita buat grup di whatsapp ini instagramku @puspawulandari99

    ReplyDelete
  83. Wah ternyata gak cuma saya aja yang merasa selalu kesepian, tidak punya teman dekat, kadang merasa hidup kok gini banget..ngeliat org kumpul rame2 lah saya kemana mana sendirian..kadang mencoba untuk membaur lah nyatanya mereka kya gak nganggep kita tmn gitu ..rame tapi merasa sendirian...pada akhirnya sudalah lakuin aja yang terbaik dalam hidup ini..tetaplah bernafasa..tidak boleh bersedih toh hidup cuma sekali buat apa bersedih..belajar ikhlas..pada dasarnya kelak juga kita akan berjalan sendirian di hari akhir kelak..di dunia ini gak lama juga kan!! Tetap semangat dan berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup

    ReplyDelete
  84. Aku lagi butuh temen buat curhat, aku ingin sekali punya temen sosmed yang care sama aku. Aku lagi di posisi terpuruk :(. Dm igku ya @d_ratnsari

    ReplyDelete
  85. Yaa gak papa sih, kemana2 sendiri cuman takutnya dibuntutin diikutin dipantau sm org jahat/di tepuk bahunya dn lgsg dihipnotis.

    Habisnya dripada ngajak temen yg gak nyaman sm aku dn aku malah tersiksa krn dia terpaksa,lbih baik yaa sendiri

    ReplyDelete
  86. Yg sedang saya rasakan saat ini,entah kenapa saat saya ingin menceritkan masalah ini ke orang terdekat saya sperti ada yg menahan saya untuk bercerita seolah" masalah ini tidak boleh di bagi ke orang lain,dan disini saya hanya bisa memendam dan menahan.Ingat badai pasti berlalu
    #keepstrong

    ReplyDelete
  87. Aku pikir cuma aku doang yang kaya gini, ternyata banyak, huhu
    Taun ini aku mulai kuliah, tapi rasanya takut banget, aku yang gabisa memulai obrolan takut banget dikucilin, mau nagis rasanya oorang lain kok bisa banget langsung akrab kalo di grup sementara aku mau ngetik hi aja mikir ribuan kali. Sulit banget rasanya buat ketemu orang baru.

    ReplyDelete
  88. Terkadang aku iri disaat aku berjalan sendiri di sekelilingku penuh dengan canda tawa bersama:)

    ReplyDelete
  89. setelah aku baca semua ternyata ga cuma aku yang merasa sendiri:). aku hanya ingin punya teman walaupun hanya sekedar membicarakan"apakah aku cocok dengan pakaian ini" atau "tadi dijalan ga sengaja lewat ini lucu banget tau"
    tapi semua itu hanya haluanku saja apalagi aku sekarang SMA kelas 2 dan sampai saat ini merasa belum punya teman,semua kita semua kuat yaaa!!:)

    ReplyDelete
  90. Memang sedih ga punya teman akrab atau teman yang care sama kita karena sekarang orang kalau sdh punya teman pasti punya geng² masing- masing jadi susah buat kita untuk masuk ke geng itu karena mereka udah nyaman sama teman teman yang di geng itu. Aku udah ngerasain bagaimana rasanya saat ini kuliah ga punya teman akrab untuk di tanya² atau kabar apapun mana saat ini online apa apa tugas dan aku paling ga suka sama tugas kelompok karena ga punya teman:'). Ya allah semoga aku bisa menemukan teman yang benar² care sama aku semoga bisa menemukan sahabat sejati, semoga di balik kesedihan hamba selama ini adalah merupakan jalan untuk kesuksesan hamba nanti ya allah. Mungkin kesedihan ini merupakan sebuah ujian hamba agar bisa selalu bersyukur, semoga hamba bisa mendapatkan teman dan sahabat. Aamiin

    ReplyDelete
  91. Mari bertemam kakak kakak semua salam aku dari Medan😊. Aku sama kayak cerita kk yg diatas, aku org yg malas ngomong dan tidak percaya diri 😢 banyak org yag bilang aku pemalu dan sombong. Sebenarnya aku mau menegur tapi aku takut mereka bilang aku sksd dan teguran ku tidak disapa krna aku pernah mengalaminya. Jadi aku putuskan untuk tidak menegur duluan. Tapi aku suka berteman dengan satu atau dua org saja dan ketika ada banyak org dalam satu kelompok atau teman baru aku jadi ga semangat dan aku didiemi itu yg buat aju tidak PD. Aku sangat ingin punya temen dimana mana dikampus mapun diluar kampus. Semoga aja Allah mendengarkan doa ku ini Amin
    Mari berteman kita semua hihi😊

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook